Apple Corp Bangun Kantor di Serpong dan Akan Rekrut 400 Tenaga Lokal

0


 
Kantor Apple di San Fransisco, AS
Cipasera.com -  Perusahaan multinasional  Apple  membangun pusat riset di Green Office Park, BSD City, Tangerang, Banten.  “Peletakan” batu pertama  pembangunan sudah dimulai Kamis lalu di BSD, Serpong, Tangerang selatan.

Dengan  berdirinya  kantor Apple tersebut, perusahaan dari Amerika Serikat ini  akan merekrut  tenaga lokal sebanyak 400 orang. Seleksinya akan dilakukan September tahun ini.

Informasi tersebut bukan isapan jempol. Sebab hal tersebut pernah diungkapkan  Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto usai bertemu perwakilan Apple di kantornya.
“Mudah-mudahan September (2017) sudah mulai rekruitment 400 orang untuk direkrut di Apple," kata Airlangga .  

Pembangunan pusat riset ini merupakan bentuk komitmen Apple untuk memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan pemerintah. Aturan tersebut dibuat untuk para vendor yang hendak memasarkan produk smartphone 4G di Indonesia.

Vendor harus memenuhi TKDN sebesar 30 persen per awal 2017 ini. Jika tidak, izin pemasaran produk tak dikeluarkan. Cara pemenuhan TKDN bisa melalui beberapa cara, salah satunya komitmen investasi yang akhirnya dipilih Apple. Total  nilai investasinya 44 juta dollar AS.

Airlangga mengatakan, pusat riset yang dibangun Apple nantinya akan fokus mengembangkan berbagai aplikasi. Setelah pusat riset di BSD ini selesai, Apple akan membangun dua pusat riset lagi sesuai yang sudah disepakati.

Sementara itu, dalam soal rekruitmen tenaga lokal belum dijelaskan tenaga apa saja yang dibutuhkan dan apa syaratnya. Hanya saja, masyarakat yang berminat menjadi karyawan Apple harus aktif menyimak informasi yang dirilis perusahaan tersebut memlaui internet, juga Dinas  Ketenagakerjaan  Tangsel.

Suyahman, Kabid Ketenagakerjaan lokal dan asing Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangsel  yang dihubungi cipasera.com  Senin 22/5/2017 sedang keluar kantor. Tapi menurut  stafnya, biasanya kalau ada lowongan kerjan akan diumumkan atau di tempat di papan pengumuman kantornya. (Red/Ts)