Perupa Komunitas Bulungan Gelar Hajatan Seni


Suasana Pameran (foto : Ist)
Cipasera -Selaras dengan perkembangan zaman, termasuk di bidang seni-rupa,  pengurus Museum Seni Rupa & Keramik Jakarta kerja sama dengan Sanggar GaRaJaS & Komunitas Seni Bulungan menggelar  Pameran Seni Rupa  “Jakarta Now 2018”  23 Juni – 1 Juli 2018 .

Pameran  digelar dalam rangka menyambut HUT ke 491 Jakarta.Kepala Unit Pengelola Museum Seni Esti Utami mengatakan, pameran seni rupa semacam ini sebenarnya digelar setiap tahun di Museum Seni Rupa dan Keramik dengan tema yang berbeda-beda.

“Tapi kebetulan tahun ini diadakan dalam rangka peringatan HUT ke 491 Jakarta. Jadi tentang hal-hal yang berkaitan dengan Jakarta maupun pengaruh dari luar yang masuk ke Jakarta,” ucap Esti dengan senang.

Dalam kesempatan itu selain pameran seni rupa, ada juga kegiatan lainnya seperti lomba skesta, hingga workshop, bagaimana cara membuat skesta atau lukisan. Selain itu juga ada diskusi yang berhubungan dengan tema kesenian.

Kurator Pameran ‘Jakarta @Now’, Citra Smara Dewi mengatakan, ada sebanyak 25 seniman dengan puluhan karya yang ikut andil.

Mereka semua tercatat dalam Sanggar Seni Rupa Plus Garajas yang sudah berdiri sejak tahun 1974 silam. “Karya yang dipamerkan memang sebagian besar dua dimensi, lukisan, ada cat minyak di atas kanvas, air di atas kertas, pokoknya yang menggunakan media dua dimensi,” ucapnya.

Sementara itu mengenai tema yang diangkat, menurut Citra sebagian besar mengangkat tema Jakarta maupun Jakarta dalam konteks kritik sosial. Hal juga sekaligus memperingari HUT ke 491 Jakarta.

Salah seorang pengunjung, Sarah (18) mengaku antusias dengan adanya pameran itu. Sebabnya Sarah yang datang bersama teman-temannya, mendapatkan sesuatu yang berbeda dari biasanya.

“Kita kan niatnya pengen jalan-jalan sekalian foto-foto aja di Kota Tua. Tapi pas ke sini (Museum Seni Rupa dan Keramik) ternyata lagi ada acara, pas banget ya kan, sekalian aja deh,” ucapnya. (Red/kemal)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel