Usai Sholat Jum'at Tol Bocimi Dibuka Gratis

0

Cipasera -Warga Tangsel ( Tangerang Selatan) yang akan mudik ke Sukabumi dan sekitarnya, sehabis sholat Jumat sudah bisa menggunakan tol Bocimi ( Bogor - Ciawi - Sukabumi). Untuk momen ini gratis. 

Seperti dikatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, bahwa jalan tol Bocimi  bisa dimanfaatkan oleh pemudik mulai Jumat (8/6/2018) hingga 24 Juni 2018 secara gratis.

"Bocimi seksi I dari Ciawi ke Cigombong dengan panjang sekitar 15,3 km ini akan kita fungsikan mulai besok usai salat Jumat. Kondisi jalannya sudah mantap dan tengah penyelesaian pemasangan kelengkapan berupa rambu dan marka jalan. Saat ini progres Seksi I telah mencapai 89%," kata Basuki, di Tol Bocimi, Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/6/2018).Meski demikian, kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya mobil pribadi dengan kecepatan maksimal tak lebih dari 60 km per jam.

Selain itu, yang juga penting diingat adalah selama periode 8 - 14 Juni, tol Bocimi hanya diperuntukkan bagi mobil dari arah Jakarta menuju Sukabumi. Sebaliknya mulai 15 - 24 Juni, yang diperbolehkan melintas hanya mobil dari Sukabumi ke Jakarta.

Basuki mengklaim dengan pengoperasian Tol Bocimi, waktu tempuh Ciawi - Cigombong kini hanya sekitar 20 menit, dari yang tadinya bisa mencapai 2 jam.

Selama fungsional, telah disiapkan tiga pintu tol, yakni di pintu Tol Ciawi, Cimande/Caringin, dan Cijeruk/Cigombong. Pintu Tol Caringin akan dibuka jika kepadatan panjang terjadi di pintu tol Cigombong.

Untuk memberikan kenyamanan, diungkapkan Menteri Basuki, pihak pengelola menyediakan tempat perhentian (rest area) sementara bagi pemudik yakni di kilometer 10+700 yang dilengkapi parkir kendaraan, toilet, dan musala.

Tol Bocimi sendiri dibagi menjadi empat seksi, yakni Seksi I Ciawi - Cigombong 15,3 km; Seksi II Cigombong - Cibadak 11,9 km; Seksi III Cibadak - Sukabumi Barat 13,7 km; serta Seksi IV Sukabumi Barat - Sukabumi Timur 13 km.(red/sa)