Seba Baduy 2017 Dilaksanakan 9 Hari Lagi


Seba Baduy, seba untuk keharmonisan persaudaraan.


Cipasera.com – Diperkirakan sebanyak 2.000 orang  suku adat Baduy  yang ditemani para tokoh –tokoh adat dan kesepuhan Baduy  akan  melakukan  Seba Baduy tahunan ke Bupati Lebak dan Gubernur Banten  pada 28-30 April 2017.

Kepastian ritual Seba Badui bakal diadakan diungkap   Kepala DinasPariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan dirinya sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota serta pihak kepolisian untuk memastikan acara tahunan berjalan tanpa hambatan.

Eneng mengatakan, Seba Baduy, diawali dengan prosesi di Kabupaten Lebak bertemu dengan Ibu Alit yakni Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. “Kami berharap pengemasannya Dinas Pariwisata maupun Dinas Kabupaten dan Kota aware dengan pelaksanaan ini,” kata Eneng, Rabu (19/4/2017).

Di Kabupaten Lebak, lanjut Eneng, akan diisi kegiatan lain yakni kegiatan seni dari komunitas lukis di Lebak. “Ada juga komunitas yang mengantarkan warga Baduy ke Provinsi. Hasil lomba melukis dan hasil lukisan dipamerkan di Pemprov Banten,” tutur Eneng.

Pagi hari pada tanggal 29 April 2017, warga Baduy akan berangkat menuju Pendopo Kabupaten Pandeglang. “Ini sudah dikomunikasikan ke Dinas Pariwisata dan Bupati Pandeglang (Irna Narulita).”

Sore harinya, masyarakat Baduy tiba di Gelanggang Olahraga Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang. “Di sana akan disambut oleh tari-tarian. Pukul 15.30 WIB seluruh peserta dari GOR akan berangkat menuju ke Museum Negeri Provinsi Banten diiringi kesenian disambut oleh drum band Gita Surosowan,” imbuhnya.

Baru kemudian pada malam harinya, kegiatan utama Seba Gede akan berlangsung antara masyarakat Baduy dengan Gubernur Banten. “Kita juga mengundang Kementerian terkait untuk hadir dalam acara puncak,” kata Eneng. (Red/Ts/BNews)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel