11 Penghuni Panti Asuhan Tangsel Diisolasi Rumah Lawan Covid

Suhara Manullang
Cipasera - Rumah Lawan Covid 19, Ciater Tangerang Selatan telah menerima  11 penghuni panti asuhan berstatus ODP (orang dalam pemantauan) dari Kelurahan Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara. Mereka  dirujuk  usai bertemu dengan pasien positif Covid-19.

Kordinator Rumah Lawan Covid-19 Tangerang Selatan, Suhara Manullang  kepada wartawan membenarkan hal itu. Ia mengatakan rumah yang dikhususkan untuk mengisolasi ODP dan PDP itu telah menampung 14 ODP.

Suhara memerinci  11 orang yang dirujuk dari Puskesmas Pondok Jagung itu merupakan penghuni panti asuhan di Serpong Utara. 11 orang tersebut diantaranya,  10  pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan satu lainnya adalah pengasuh panti asuhan.

“Mereka ini berasal dari panti asuhan. Sebetulnya 41 orang yang terdiri dari 36 anak-anak dan pengasuhnya ada 5 orang. Cuma yang dirujuk di sini yang sudah bisa mandiri, sedangkan balita dan anak SD tidak,” ungkap Suhara.

Sedangkan empat  anak sekolah dasar penghuni panti dan empat pengasuh  menjalani karantina mandiri di panti.

Suhara melanjutkan, mereka ditetapkan sebagai ODP karena sempat ada kontak dengan salah satu warga positif covid-19. Pasien itu sekarang dirawat di Rumah Sakit Pertamina.

“Mereka pernah melakukan kontak maka setatusnya ODP dan dilakukan rapid test, kalau mereka positif, nanti statusnya jadi PDP,” ujar Suhara.

Suhara menambahkan, sebelas orang yang ditetapkan ODP ini merupakan hasil penyisiran dari data sebelumnya. Diambil berdasarkan risiko orang yang bisa dirawat mandiri dan tidak.

“Sedang kami sisir satu- persatu dengan bekerjasama dengan puskesmas. Kita selalu kontak mereka, bagaimana  ini bisa mandiri atau enggak? Kalau enggak bisa mandiri kita ke sana menjemput dan menjelaskan. Karena banyak yang takut juga bahasa isolasi padahal di sini sudah nyaman, sudah disiapkan semua,”  ujar Suhara, mantan Plt Kadinkes itu.(red/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel