Camat Setu, Tangsel Jajagi Sejumlah Kerjasama dengan Batan

Usai pertemuan berfoto bersama. Dari Kiri ke kanan, no tiga Yusri. No 4 Camat Hamdani.
Cipasera - Camat Setu Hamdani beserta Sekretaris Camat Topan dan Stafnya serta didampingi Kapolsek Cisauk, melakukan kunjungan ke Batan ( Badan Tenaga Nuklir) di kawasan Puspitek, Setu Tangerang Selatan, Senin 20/7/2020.

Dalam kunjungan tersebut, Rombongan diterima oleh Yuzri yang mewakili Batan dan disambut baik.  Menurut Camat Setu Hamdani, dalam pertemuan itu,  pihaknya tertarik untuk bekerjasama dengan Batan dalam bidang teknologi perikanan, pertanian dan UKM ( Usaha Kecil Menengah).

"Ternyata Batan bukan hanya berisi reaktor nuklir tetapi sudah mengembangkan teknologi pertanian, perikanan dan perangkat untuk UKM. Dan kami ingin kerjasama di perikanan, terutama perikanan ikan cupang," kata Hamdani. "Pihak Batan menyambut dengan baik. Dalam teknologi pertanian dan perikanan, Batan sudah  bekerjama sama dengan sejumlah pemerintah daerah."

Untuk selanjutnya, dalam kerjasama budidaya ikan cupang, Hamdani ingin mengembangkan warna ikan cupang menjadi variatif agar menarik. Lokasi yang dipilih di Kampung Jawara, Sukamulya, Setu.

Walikota saat meresmikan Kampung Jawara didampingi Camat Setu.
Kampung Jawara di RT O1/01 Kelurahan Setu ini merupakan wilayah percontohan untuk menghadapi virus Covid 19. Di Kampung Jawara selain diterapkan protokol kesehatan, juga wilayah penanganan  Covid mandiri bagi masyarakatnya yang terdampak. Disitu dikembangkan pula sisi ekonomi, keamanan dan lain-lain. Dan sudah diresmikan Walikota Airin Rachmi Dhiany.

Sekcam Setu Topan menambahkan, Kecamatan Setu sangat tertarik karena Batan ternyata telah berhasil mengembangkan  teknologi nuklir untuk pertanian di Indonesia Timur. Sementara di Pulau Jawa, Batan berhasil mengembangkan  varietas padi yang menyerupai gandum di Tasikmalaya.

"Di Indonesia Timur kondisi tanahnya gembur tapi di kita, tanahnya agak kering. Nanti mereka akan mempelajari dulu untuk pertanian di wilayah sini. Kalau dalam perikanan, bisa diterapkan," kata Topan.

Topan menambahkan, kunjungan ke Batan sangat berkesan bagi rombongan. Sejauh ini orang beranggapan, nuklir itu sesuatu yang menyeramkan Ternyata di Batan nuklir bisa untuk pertanian, perikanan, kesehatan dan industri kecil dan menengah.

"Sejak Tahun 1987 ada Batan, baru  pertama kali di era Camat Pak Hamdani, kita berkunjung  melihat dari dekat reaktor dan menjajagi kerjasama," pungkas Topan (Tw)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel