Upacara 17 Agustus di Tangsel Cuma Diikuti Tiga Orang Paskibra. Ini Alasan Airin

Paskibra nasional. Ilustrasi
Cipasera – Pemerintah Kota Tangerang Selatan  tetap laksanakan upacara peringatan 17 Agustus mendatang. Namun upacara tersebut dilakukan dengan ketentuan protokol kesehatan seperti  himbauan  Pemerintah Pusat.

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan,  salah satu yang dilakukan oleh pemkot  dalam upacara 17 Agustus, yaitu mengurangi jumlah tim paskibraka. Dimana sebelumnya mencapai puluhan, sekarang hanya tiga orang saja.

”Yaitu tiga  pengibar bendera saja,” ujar Airin di Pemkot Tangsel, Jumat 14/5/2020.

Bukan hanya paskibra, peserta upacara juga disesuaikan situasi. Tidak berkumpul  di satu lapangan dan menyaksikan langsung upacara.

”OPD seperti kecamatan hanya mengikuti upacara menggunakan aplikasi zoom, yang tersambung dengan prosesi pengibaran bendera di Pemkot Tangerang Selatan," lanjut Airin.

Selain itu dari tingkat kelurahan juga tidak berkumpul di Kantor Kecamatan, melainkan di kantor masing-masing. Dimana aplikasi zoom juga digunakan sebagai fasilitas partisipasi proses pelaksanaan upacara Peringatan HUT RI ke 75.

Airin menambahkan,  setelah prosesi pelaksanaan upacara, biasanya dilakukan syukuran . Tapi hal tersebut ditiadakan, karena imbauan pemerintah untuk tidak melakukan kegiatan yang dihadiri  orang banyak.

”Kami menggantinya dengan satunan anak yatim, dimana hal tersebut jauh lebih bermanfaat,” ujar Airin.

Pelaksanaan perayaan Hari kemerdekaan ini memang dirasa berbeda daripada tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan  pandemi Covid-19. Sebagaimana imbauan pemerintah,  tidak melakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak.

”Semoga dengan menggunakan sistem ini, kita tetap bisa merayakan Hari Kemerdekaan dan juga berupaya memutus mata rantai penularan Covid-19,” ujarnya.

Demikian dengan lomba,  Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga mengadakan lomba. Hanya saja, lomba diadakan tidak menyertakan orang banyak. Adapun lomba tersebut antara lain adalah Lomba Tiktok Kpop Dance, Kemudian Lomba Video Kreatif Pencegahan Covid-19.

Juga lomba Menghias Ruangan nuansa 17 Agustus, Lalu Lomba Video Kreatif Peragaan Busana dan Lomba Kepala OPD merias wajah via aplikasi zoom.

Perlombaan ini diperuntukkan bagi seluruh ASN di Kota Tangsel.(red/hms)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel