Memanfaatkan Lahan Tidur,Bupati Tangerang Panen Jagung Hibrida.

Cipasera - Bupati Tangerang Zaki Iskandar bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tangerang melaksanakan panen raya jagung hibrida dan ikan lele di Kampung Onom, Desa Badak Anom, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Sabtu (17/10/2020).

Jagung hibrida dan ikan lele yang dipanen berasal dari lahan tidur yang digarap jajaran Polresta Tangerang, Kodim 0510 Tigaraksa, unsur Pemkab Tangerang, dan masyarakat. Penggarapan lahan tidur itu merupakan bagian dari Kampung Tangguh Nusantara guna menguatkan ketahanan pangan.

"Program Kampung Tangguh Nusantara untuk penguatan ketahanan pangan adalah kolaborasi TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah," kata Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ary Syam

Ade menambahkan, hasil panen sepenuhnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan panen raya itu, Ade berharap, dapat membantu meringankan beban masyarakat terutama di masa pandemi. Ade juga berharap, kegiatan pemanfaatan lahan tidur hingga panen raya dapat menginspirasi dan mendorong masyarakat untuk semakin produktif.

Ade menyampaikan, pemanfaatan lahan tidur melibatkan masyarakat dalam penggarapannya. Sehingga dengan demikian, masyarakat diajak untuk aktif dan produktif memanfaatkan berbagai media untuk bercocok tanam ataupun beternak. 

Selain itu, lanjut Ade, konsep Kampung Tangguh Nusantara juga mengusung skema mengajak masyarakat untuk produktif di bidang kerajinan tangan dengan berbagai macam produk.

"Masyarakat harus didorong produktif sambil terus diimbau untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Sehingga kesehatan pulih, ekonomi bangkit," ujar Ade.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengapresiasi kegiatan pemanfaatan lahan tidur dan panen raya. Menurutnya, kegiatan pemanfaatan lahan tidur sangat bermanfaat karena dapat menjadikan lahan yang tidak digarap menjadi bernilai untuk masyarakat.

"Masih ada lahan tidur di Kabupaten Tangerang yang belum dimanfaatkan, silakan garap untuk kepentingan masyarakat," ujar dia.

Zaki juga mengingatkan masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Kata dia, masyarakat harus selalu menggunakan masker saat beraktivitas, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

"Juga hindari atau menjaga jangan sampai ada kerumunan," pungkasnya.(rls)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel