9000 Lebih Warga Tangsel Akan Dapat Bantuan

  

                   Warga terima Bansos tahun lalu 

Cipasera -  Sekira 9.201 Kepala Keluarga (KK) dari Tangsel  yang mendapat  Bantuan Sosial Tunai (BST) 2021 dari Kemensos RI melalui pengawasan Dinas Sosial Kota Tangsel,  akan segera disalurkan melalui Kantor Pos setempat.

“Jumlah penerimanya ada peningkatan, di tahun 2020  sejumlah 83.546. Untuk  2021 ada penambahan menjadi 92.747 KK dari Kemensos,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Tangsel, Wahyunoto Lukman kepada awak media, Senin (4/1/2021).

Wahyu menambahkan,  penambahan itu diusulkan dari RT RW setempat, asal NIK dan KK di sistem informasi kesejahateraan sosial.Maka keluarga itu menjadi salah satu penerima bansos.

“Penerima bansos akan didata dan diinput melalui sistem,” ujarnya

Menurut Wahyu,  bansos kali ini akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia berupa bantuan sosial tunai (BST) dengan jumlah Rp300 ribu per KK per bulan.

“Nanti PT Pos ada 3 cara menyalurkan, langsung, melalui komunitas khususnya penyandang disabilitas dan lansia, kemudian yang ke PT Pos,” terangnya.

Penyaluran melalui PT Pos sendiri dimaksudkan  agar lebih fleksibel dan penerima tidak perlu untuk membuka rekening terlebih dahulu.

“Cukup membawa ktp, dia terdaftar maka langsung diberikan bantuan. Berbeda dengan bank, selama ini kesulitan harus buka rekening. Jadi kebijakan dari Kemensos langsung dari PT Pos,” tuturnya.

Wahyu juga mengatakan, saat ini BST tersebut masih direncanakan selama 4 bulan kedepan atau hingga April 2021, dan untuk kelanjutannya diserahkan ke Kemensos.

“Sampai dengan april, tapi biasanya dinamis nanti tergantung perkembangan perubahan kondisi,” terangnya.

Selain BST Kemensos, Wahyu memperkirakan,  ada juga bantuan sosial dari Provinsi Banten yang masih berjalan di 2021 dengan jumlah Rp600 ribu satu kali yang tersalurkan di 2020 baru dua kali.

Sementara, bantuan dari dana APBD Tangsel sendiri masih menjadi bupper stok untuk keadaan tertentu. Dicontohkannya seperti keluarga penerima manfaat (KPM) yang membutuhkan.(red/dd/to)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel