Penetapan Lokasi Proyek Stategis Di Banten Sudah Selesai



                              Wahidin Halim

Cipasera - Penetapan Lokasi (Penlok) Proyek Strategis Nasional (PSN) di Banten sudah selesai semua.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan hal itu di dalam telekonferensi Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pengembangan Wilayah di Provinsi Banten dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, di Serang,  Kamis (18/2/2021).

Selain mengatalan penlok sudah selesai semua, , Gubernur Wahidin Halim juga  mengatakan, seiring pembangunan Waduk Karian di Kabupaten Lebak  banyak pihak yang mengajukan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) meskipun kewenangan perizinannya ada di Pemeritah Pusat. 

Sementara, menurut Wahidin, Waduk Sindangheula sudah selesai dibangun mampu mengairi 2.000 hektar sawah dan SPAM di kawasan tengah. 

Untuk  pembangunan infrastruktur jalan, Gubernur menjelaskan pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang menjadi penunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Sedangkan Kota Baru Maja, dijelaskan saat ini wilayah Maja sudah berkembang 5.000 hektar. Untuk mendukung konektivitas, tidak cukup ditopang oleh kereta api. Perlu dibangun Jalan Maja-Serpong di sisi kanan dan kiri rel kereta api.

"Perlu juga jalan dari dan ke Stasiun Maja menuju lokasi hunian serta pembangunan jalan alternatif Maja-Tenjo-Bogor," ungkap Gubernur.

Di wilayah Utara, kata Gubernur, dari Bandara Soekarno-Hatta hingga Serang saat ini sudah berkembang kawasan perumahan sehingga perlu dibangun jalan poros Bandara Soeta-Serang. Serta pembangunan Jalan Bojonegara-Merak seiring berkembangnya  industri dan pelabuhan di kawasan tersebut. Perlu juga fasilitasi pembangunan Jalan Cilegon-Pasauran-Carita seiring berkembangnya kawasan indusri kimia dan pariwisata di kawasan itu.

Sementara untuk pembangunan Bandara di Panimbang Kabupaten Pandeglang yang membutuhkan lahan 1500 hektar belum ada perkembangan. Lahan seluas 500 hektar merupakan tanah kehutanan.

 Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan  dalam arahannya  Tol Serang-Panimbang untuk mendukung konektivitas dengan wilayah Selatan Banten dan akses menuju KEK Tanjung Lesung. Sedangkan Kota Baru Maja perlu didukung dengan peningkatan pelayanan dasar.

Guna menjaga pasokan air di Provinsi Banten, Menko Luhut mengajak semua pihak untuk berkomitmen menjaga hutan dan melakukan penanaman pohon.

Sejumlah menteri  ikut dalam rapat, diantara  Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. *


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel