Rumah Isolasi Pasien Covid Akan Ditambah di Kota Tangerang

                Salah satu RIT di Kota Tangerang

Cipasera - Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) bagi pasien  Covid-19 dengan gejala ringan dan  sedang di Kota Tangerang akan ditambah.

Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah mengatakan,  rencana penambahan lokasi RIT (Rumah Isolasi Terkosentrasi)  sebagai langkah antisipasi imbas dari tingginya angka keterisian baik rumah sakit maupun RIT yang saat ini sudah beroperasi.  

“Kita cek kondisi gedung SMPN 27, yang nantinya bisa dipakai sebagai RIT,” ujar Wali Kota saat meninjau lokasi SMPN 27 di Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk, Senin (21/6). “Mengingat kondisi rumah sakit dan RIT sudah semakin penuh,” imbuhnya.

Menurut Arief  alasan dipilihnya gedung SMPN 27 sebagai salah satu bakal lokasi tambahan RIT adalah lokasinya yang berdekatan dengan Puskesmas Gebang Raya. Selain itu, pemanfaatan gedung sekolah dirasa perlu mengingat seluruh Puskesmas rawat inap yang ada sudah dipergunakan sebagai RIT.

“Petugas kesehatan juga bisa lebih efektif dan efisien karena dekat dengan Puskesmas, apalagi kondisinya jumlah nakesnya terbatas,” jelas Wali Kota.

Lebih lanjut Wali Kota menekankan,   salah satu fokus utama Pemkot Tangerang adalah penanganan serta perawatan bagi masyarakat yang terpapar Covid-19, dengan salah satu upaya yang dilakukan adalah penyediaan RIT.

“Setelah selesai dipakai sebagai RIT akan disterilisasi kembali baik dengan disinfektan maupun sinar UV, agar aman jika nantinya dipakai sebagai gedung sekolah,” ungkapnya.

Sebagai informasi, saat ini Pemkot Tangerang telah menyiapkan sebanyak tujuh fasilitas Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) dengan kapasitas tenpat tidur sebanyak 324 unit dimana telah terisi sebanyak 232 unit.

“Sebelumnya juga sudah disiapkan gedung SMPN 30 dengan kapasitas 150 bed yang akan beroperasi dalam dua hari ke depan,” pungkas Wali Kota.(Red/hms)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel