BEM Seluruh Indonesia Akan Demo 11 April. Ramai Di Medsos

 

               Demo awal April

Cipasera - Beredar kabar sejumlah elemen mahasiswa akan mengadakan aksi unjuk rasa pada  11 April. Demo tersebut akan menyuarakan aspirasi tolak wacana tiga periode Presiden Jokowi dan kondisi Indonesia amburadul tentang kelangkaan minyak goreng, naiknya PPN dan Pertamax. 

Dari beberapa poster yang beredar di media sosial, bukan hanya mahasiswa yang akan turun aksi di tanggal 11 April. Tapi sejumlah Ormas akan ikut demo seperti Gerakan Intelektual Islam (GII), Pemuda Muslimin Tangerang 47, dan Pendekar Banten Rider Club (PBRC). 

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UI Bayu Satrio Utomo  mengatakan yang akan turun unjuk rasa 11 April merupakan BEM Seluruh Indonesia (SI), yang memang sudah mengagendakan tanggal 11 adalah BEM SI Rakyat Bangkit. BEM UI kemungkinan ikut. 

Meski BEM UI 1 April lalu turun aksi tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia alias AMI.

AMI ini sengaja dibentuk pada awal tahun 2022 untuk merespons kebijakan pemerintah yang dinilai tidak prorakyat. Adapun organisasi taktis ini terdiri dari berbagai kampus di seluruh Indonesia, salah satunya UI dan Trisakti.

Sejak ramai wacana tunda pemilu dan 3 periode Jokowi, gelombang aksi mahasiswa terjadi di beberapa daerah,  Salah satunya  terjadi di Makassar, Forum Konsolidasi Mahasiswa Universitas Hasanudin (Unhas) melakukan aksi di Pintu Tol Unhas, Makassar pada Rabu (6/4/2022) kemarin.(red/p) 

Sementara itu, Bayu mengatakan bahwa yang sudah pasti turun aksi pada tanggal 11 April adalah BEM SI--aliansi BEM seluruh Indonesia).

"Yang memang sudah mengagendakan tanggal 11 adalah BEM SI Rakyat Bangkit," ungkapnya.

Meski demikian, menurut Bayu, tidak menutup kemungkinan BEM UI dan Aliansi Mahasiswa Indonesia juga ikut turun aksi bersama BEM SI di tanggal 11 April mendatang.

"Kami sedang membangun komunikasi, misalnya jika mau bergerak kita bisa bergerak bersama (BEM SI). Supaya daya tekannya lebih besar, isu yang dibawa juga bisa lebih komprehensif dan juga benar-benar mewakili mahasiswa," tegas Bayu.

Selain itu, menurut pantauan Populis.id, gelombang aksi mahasiswa sudah terjadi di beberapa daerah sejak kemarin. Seperti yang terjadi di Makassar, Forum Konsolidasi Mahasiswa Universitas Hasanudin (Unhas) melakukan aksi di Pintu Tol Unhas, Makassar pada Rabu (6/4/2022) kemarin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel