Pulau Sangiang Riwayatmu Kini. Dulu Didatangi 500 Wisatawan

        Pulau Sangiang nan indah


Cipasera - Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar menyatakan akan menggunakan platform digital untuk promosikan wisata ke Pulau Sangiang. Menurutnya, Pulau Sangiang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai obyek wisata unggulan.

 “Pulau ini bagus untuk dikembangkan jadi tempat wisata unggulan bersama-sama dengan Walikota Cilegon dan Bupati Serang,“ kata  Al Muktabar usai menggekar acara di Pantai Sepanjang Pulau Sangiang Kabupaten Serang, Minggu (14/8/2022).

Al Muktabar juga mengatakan Pulau Sangiang memiliki panorama pantai yang indah. Memiliki daya tarik wisata yang beragam. Selain itu suasananya aman dan nyaman. “Sangat cocok untuk tempat wisata unggulan di  Provinsi Banten“ katanya.

Selain tempatnya indah, lanjut Al Muktabar, di Pulau Sangiang juga  ada  makanan enak, bakar ikan  disajikan secara bancakan, khas Banten. 

Untuk itu, menurut Al Muktabar, pihaknya bersama-sama dengan Pemkot Cilegon dan Pemkab Serang akan melakukan promosi Pulau Sangiang. “Kita pergunakan platform digital untuk memperkenalkan Pulau Sangiang kepada masyarakat,“ katanya.

Tokoh masyarakat Pulau Sangiang, Sopyan Sauri mengatakan, Pulau Sangiang sudah menjadi tujuan wisata di Kabupaten Serang. Pihaknya berharap, Pemerintah kembali menggalakkan pariwisata ke Pulau Sangiang. “Kegiatan wisata bisa menambah pendapatan kami yang sehari-hari bermata pencaharian sebagai nelayan dan petani,“ kata Sopyan.

Sopyan menjelaskan,selama Pandemi Covid-19 nyaris tidak ada wisatawan yang datang ke Pulau Sangiang. Padahal sebelumnya, Pulau Sangiang ramai dikunjungi wisatawan. 

Biasanya, tutur Sopyan, wisatawan datang pada akhir pekan atau hari Libur nasional. Sebelum Pandemi sekitar 30 kapal atau sekitar 500 sd 600 orang berkunjung ke Pulau Sangiang. 

“Saat Pandemi Covid-19 tahun 2019-2020 nyaris tidak ada kunjungan,“ tandas Sopyan. 

Wisata Pulau Sangiang, lanjut Sopyan, sekarang mulai nampak. “Saat ini, sekitar 5 kapal berkunjung ke Pulau Sangiang,“ katanya. 

Pulau Sangiang adalah sebuah Pulau yang terletak di Selat Sunda, Banten. Pulau ini merupakan salah satu tujuan wisata di Banten. Jenis wisata yang dapat dinikmati adalah wisata bahari, wisata budaya, wisata ilmiah, wisata diving dan wisata alam. Kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Sangiang adalah bersepeda, berkemah, menyelam, memancing, dan berjemur di pantai. (Red/hm)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel