5 Kecamatan Di Lebak Banjir dan Rusak. Pemprov Fokuskan Pendataan Korban dan Kerugian

      Suasana di kampung Lebak




Cipasera - Kedaruratan pasca bencana gempa bumi dan banjir bandang yang menerjang lima  kecamatan di Kabupaten Lebak Banten, Pemerintah fokus pendataan jumlah korban, kerugian materil serta jumlah bangunan  rusak akibat bencana. 

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan itu,  secara struktur keuangan Pemprov Banten sudah sangat siap dengan Biaya Tak Terduga (BTT) yang sudah dialokasikan. Namun hal itu tentu ada tahapannya sesuai dengan regulasi yang ada. Pasalnya, untuk peningkatan penanganan darurat itu tidak bisa dilakukan begitu saja. 

“Regulasinya bahwa ada penetapan darurat oleh Kabupaten/Kota. Bila di antara itu tidak bisa, akan ditetapkan darurat oleh Provinsi untuk kita mendapatkan juga akses ke darurat secara Nasional. Itu langkah-langkah secara aturan yang bisa kita tempuh,” katanya, Senin (10/10/2022).

Dijelaskan, sejak hari pertama terjadinya bencana itu, pihaknya sudah perintahkan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Banten bersama jajaran untuk terjun langsung ke lapangan. 

“Laporan kondisi di lapangan dan apa saja yang sudah dilakukan secara berkala selalu saya minta. Sudah kita lakukan berbagai langkah untuk membantu saudara kita yang terkena musibah di sana, dan Alhamdulillah semuanya terkendali,” jelasnya.

Untuk diketahui, hujan lebat yang turun selama 4 jam di sebagian besar Kabupaten Lebak pada hari Minggu (9/10/2022) kemarin menyebabkan meluapnya sungai Cibareno, Cisiih, Cimadur, Cicantra, Peucang Pari dan Sungai Cibadak  menyebabkan banjir di 5 Kecamatan, yakni Kecamatan Bayah, Cibeber, Panggarangan, Cilograng dan Cigemblong.

Berdasarkan data sementara sampai Senin siang (10/10/2022) dari BPBD Provinsi Banten, kerugian materil dari bencana itu di antaranya jembatan gantung di Desa Cisuren yang menghubungkan dengan Desa Pasir Gombong rusak berat. Kemudian oprit jembatan Desa Bayah Timur penghubung Desa Cimancak yang juga rusak berat. Jembatan gantung penghubung Desa Cibareno Kecamatan Cilograng dengan Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi yang terputus. Terakhir jembatan penghubung Kp.Cikatomas, Kp.Nangewer Kecamatan Cilograng dimana terdampak pondasinya rusak dan sling jembatanya putus dan kondisinya rusak berat.

Lalu ada juga Majlis Al-Kautsar dan Majlis Nurul Ulum Desa Suwakan Kec.Bayah yang rusak ringan, Ponpes Nurul Huda, Majlis ta'lim Nurul Huda, Majlis Ta'lim, Masjid Nurul Jannah, Mushola Abrol yang berada di Desa Mancak Kecamatan Bayah rusak ringan. 

Terhadap sejumlah korban bencana, Pemprov Banten melalui BPBD Banten sudah menyalurkan bantuan logistik kepada masing-masing korban, serta satu paket perlengkapan bayi, paket kebersihan dan perlengkapan keluarga serta selimut.(red)




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel