Anak Usia 5 Ditemukan di Tangsel Sakit Ginjal Akut



Cipasera - Seorang anak berusia lima tahun di Tangerang Selatan dilaporkan oleh Rumah Sakit Cipto Mangunkudumo ( RSCM)  mengalami gagal ginjal. Dan telah dirawat sejak September. 

Hal itu diakui oleh Kepala dr Alin Hendarlin. "Benar, kami telah menerima laporan dari RSCM Jakarta, bahwa ada satu anak asal Tangsel, terkonfirmasi penyakit Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgGAPA) atau Atypical Progressive Acute Kidney Injury (AKI), pada Sabtu tanggal 10 September 2022,"  kata ucap  Alin Hendarlin melalui keterangan tertulis, seperti dikutip Antaranews, Minggu 23/10.

Alin selanjutnya menjelaskan, anak berusia lima tahun yang  menjadi pasien  penyakit gagal ginjal akut tersebut,  saat ini telah menjalani perawatan di RSCM, Jakarta sejak 10 September.

Masih menurut dr Alin, pasien  ginjal akut ditemukan oleh UPTD Puskesmas saat mekakukan  itu penyelidikan epidemiologi terhadap satu orang anak laki-laki usia 5 tahun.

Dari  hasil penyelidikan, kemudian  anak tersebut terdiagnosis dengan gejala demam, diare, tidak nafsu makan, nyeri bagian perut dan pemeriksaan urine yang menunjukkan gagal ginjal akut.

Meski sudah berobat puskesmas dan  Rumah Sakit di kota Tangsel belum juga membaik, anak tersebuf  di dirujuk ke RSCM.

Selama menjalani perawatan sejak 10 September hingga Sabtu 22/10,  pasien anak t tersebut telah kontrol rutin  dari seminggu sekali, menjadi dua minggu sekali hingga sebulan sekali.

" Terakhir kontrol tanggal 18 Agustus 2022 dan kondisi pasien saat ini baik, tidak ada keluhan dan sudah beraktifitas seperti biasa," ujar Alin. 

Setelah pasien anak ini, hingga l 22 Oktober 2022, tidak terdapat penambahan jumlah kasus penyakig ginjal akut  di Kota Tangsel. (Red/ant)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel