Pengunjung Tertinggi Libur Nataru Di Banten Ternyata Kolam Renang

Salah satu kolam renang di Tangsel (ilustrasi)

Cipasera - Setelah sempat turun drastis di masa pandemi Covid - 19, kunjungan wisatawan ke sejumlah obyek wisata di Prov Banten kita bergairah lagi. 

Menurut Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten Al Hamidi,   selama masa libur Hari Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023, kunjungan wisatawan ke Provinsi Banten mengalami lonjakan. Tercatat 102.581 jiwa.

"Trend cukup tinggi hari Minggu,  hari pertama tahun baru. Pada hari-hari sebelumnya, kunjungan wisatawan sekira 75.000 jiwa, tapi  menjadi sekitar 103.000 jiwa per tanggal 1 Januari ini,” ungkap Hamidi.

Sejumlah obyek yang ramai dikunjungi libur Nataru 2023 yang paling banyak ke  Kabupaten Tangerang dengan jumlah pengunjung  29,4% atau  30.145 jiwa. Sementara dari delapan  Kabupaten/Kota di Provinsi Banten, kunjungan wisatawan terendah ke Kota Tangerang,   1.751 pengunjung atau sebesar 1,7% dari total pengunjung di Provinsi Banten.

Hamidi juga mengatakan,  lonjakan wisatawan terjadi pada 11 objek wisata, diantaranya, wisata pantai,  wisata alam dan wisata kolam renang. 

“Dan dari banyaknya objek wisata di Provinsi Banten, kunjungan terbanyak ada di wisata kolam renang sebanyak 63.818 pengunjung atau sebesar 62.2%,” jelas Al Hamidi

Al Hamidi mengatakan, libur Nataru 2023 di Provinsi Banten cukup kondusif. Provinsi Banten sendiri memiliki obyek wisata  alam, religi/sejarah dan buatan. Kawasan wisata Pantai Anyer hingga Carita menjadi salah satu destinasi utama masyarakat Banten, Jakarta dan sekitarnya. Sementara  ada pula kawasan Kesultanan Banten dengan Masjid Agung Banten dan Makam Sultan Maulana Hasanudin menjadi destinasi utama wisata religi/sejarah. Selain itu, wisata adat baduy masih menjadi daya tarik tersendiri. Minat wisatawan tak pernah surut untuk berkunjung kesana. (Red/ris)





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel