Pemudik Motor Ke Sumatra Dari Tangerang Dialihkan Ke Pelabuhan Ciwandan. Begini Kata Dinas Perhubungan

     pemudik motor tahun lalu di pelabuhan

Cipasera  - Para pemudik  motor tujuan Sumatra tahun ini akan diberangkatkan melalui pelabuhan Ciwandan Kota Cilegon, Provinsi Banten mulai H-7 Idul Fitri 2023.

Perubahan pengalihan route awal yang sebelumnya dari Pelabuhan Merak meski sudah pasti tapi masih menunggu kebijakan teknisnya. 

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Prov Banten Tri Nurtopo. "Secara umum rencana kebijakan itu sudah pasti akan dilakukan sesuai hasil rapat koordinasi sebelumnya antara Kementerian Perhubungan, PT. ASDP Merak, Pemprov Banten serta instansi lainnya," kata Tri Nurtopo, Jumat 31/3/23. "Tujuan kebijakan ini diantaranya untuk mengurangi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak pada saat puncak arus mudik lebaran nanti."

Nurtopo menambahkan,  untuk kendaraan pribadi dan angkutan umum seperti biasanya akan melalui Pelabuhan Merak. Hanya saja pihak ASDP Merak tidak akan melakukan penjualan tiket secara langsung di sekitar pelabuhan Merak.Penjualan tiket semuanya akan dilakukan secara online.

Skenarionya, untuk menuju Pelabuhan Ciwandan, para pemudik motor dari arah Serang, Tangerang dan sekitarnya  terlebih dahulu akan  dikumpulkan di checkpoint  Alun-alun Kramatwatu,  Kabupaten Serang.

"Di Alun-alun Kramatwatu  akan dilakukan penjualan tiket khusus untuk pemudik pengendara roda dua atau bermotor," ungkapnya.

Tak hanya soal pemudik motor,  kebijakan lainnya,  terkait penanganan arus mudik tahun ini di Pelabuhan Merak,  mulai H-7 perjalanan kereta api ke Stasiun Pelabuhan Merak akan dilakukan pemberhentian terakhir di Stasiun Kota Cilegon. Para penumpang kereta api akan di angkut ke Pelabuhan Merak menggunakan mobil.

"Tujuannya ini untuk menghindari penumpukan kendaraan di perlintasan kereta api (crossing) di gerbang Pelabuhan Merak," Kata Tri Nurtopo.

Kebijakan tersebut karena diprediksi  peningkatan jumlah pemudik pada lebaran tahun ini  mencapai kurang lebih 6%. Sehingga pihaknya mengantisipasi berbagai kemungkinan terutama kemacetan di titik-titik tertentu di sepanjang jalur mudik di wilayah Provinsi Banten. (Red/ant)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel