Mendukung Arus Balik, 12 Ruas Tol Beri Diskon



Cipasera - Untuk mendukung arus balik Lebaran 2023, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Kementerian PUPR akan memberikan diskon tarif untuk 12 ruas tol.

 Saat ini bertambah 6 (enam) ruas jalan tol Trans Jawa, sehingga total terdapat 12 (dua belas) ruas jalan tol yang memberikan diskon tarif tol pada arus balik Lebaran 2023.

"Diharapkan, diskon tarif tol ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kembali ke Jakarta," kata Sekretaris BPJT Kementerian PUPR Triono Junoasmono dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 23 April.

Triono menyebut, diskon tarif tol tersebut merupakan upaya pemerintah bersama BUJT untuk memecah arus kepadatan lalu lintas dan penumpukan di jalan tol pada saat arus balik Lebaran 2023.

Pemerintah melalui Kementerian PUPR menyambut baik inisiatif BUJT yang turut memberikan diskon tarif tol pada arus balik Lebaran 2023, yang mana sebelumnya hanya enam ruas jalan tol, yakni tiga ruas di Pulau Jawa (Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Tangerang-Merak, dan Cibitung-Cilincing), serta tiga ruas di Pulau Sumatra (Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Kayu Agung-Palembang-Betung).

Kini, diskon tarif tersebut bertambah enam ruas di Jalan Tol Trans Jawa, sehingga total terdapat 12 ruas tol.

Penerapan diskon tarif tol terjauh sebesar 20 persen diberlakukan pada 27 April 2023, mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 29 April 2023 pukul 06.00 WIB di enam ruas Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang hingga Jakarta.

Adapun enam ruas tol yang diterapkan diskon tarif tersebut, di antaranya Jalan Tol Batang-Semarang yang dikelola oleh PT Jasamarga Semarang Batang, Jalan Tol Pemalang-Batang yang dikelola oleh PT Pemalang Batang Toll Road, Jalan Tol Pejagan-Pemalang yang dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road.

Kemudian, Jalan Tol Kanci-Pejagan yang dikelola oleh PT Semesta Marga Raya, Jalan Tol Palimanan-Kanci yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk., dan Jalan Tol Cikampek (Cikopo)-Palimanan yang dikelola oleh PT Lintas Marga Sedaya.

"Dengan adanya penerapan diskon tarif tol pada momen arus balik Lebaran 2023 ini, diharapkan dan diimbau kepada masyarakat lebih bijak dalam memilih waktu pulang kembali ke Jakarta, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalan tol," pungkas Triono. (VOI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel