Jangan Bangga Wisatawan Membludak, Sarana Wisata Banten Mesti Diperbaiki


      Pengunjung Anyer


Cipasera - Pengunjung wisata ke obyek wisata di Banten, khususnya pantai Anyer dan Carita akan surut bila sarana jalan tak dibenahi. 

"Kapasitas jalan dari Cilegon ke Anyer sempit hanya bisa dua arah. Sementara pengunjung melebihi kapasitas. Akibatnya macet dimana - mana saat libur lebaran kemarin," kata Anin Wijaya, Praktisi Pariwisata dari Tangsel.

Anin menambahkan, akibat jalan yang sempit dan kemacetan yang parah, banyak pengunjung kecewa dan  enggan balik berkunjung. Bahkan saat lebaran, tak jadi wisata terkendala macet.

"Pemprov selama ini hanya menekankan kenyamanan di obyek wisata, bukan kenyamanan menuju obyek," kata Anin. Untuk itu, Permprov harus mulai mengubah paradigma, kenyamanan di obyek wisata. Sarana nyaman menuju obyek harus segera dijalankan. 

"Sarana utama yang harus disediakan yakni jalan atau fly ower atau terowongan di titik - titik macet," tambah Anin. "Jangan bangga dengan  jumlah pengunjung  wisata Anyer yang mbludak. Itu bukan karena layanan pemprov yang baik. Tapi lebih karena eforia bebas selepas Covid 19," pungkas Anin. 

Seperti diketahui, Dinas Patiwisata Banten mencatat kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata di Provinsi Banten selama libur lebaran 2023 mengalami lonjakan. Tercatat,  sebanyak 2.9 juta orang wisatawan  datang berkunjung ke wisata pantai di Provinsi Banten. 

Jumlah tersebut belum terhitung dengan kunjungan wisata religi, wisata kuliner dan wisata belanja yang jika diakumulasikan hampir mencapai target kunjungan wisatawan di Provinsi Banten.

“Dari Dispar, satu bulan pasca lebaran Idul Fitri kita targetkan 5 juta orang wisatawan. Dari hasil pantauan kita wisatawan yang berkunjung ke pantai mencapai 2.9 juta orang wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Al Hamidi KP3B, Curug, Kota Serang, Selasa (02/05/2023).

Menurut Al Hamidi, objek wisata di Provinsi Banten memiliki 900 titik objek yg berpotensi untuk dapat dikunjungi wisata. Tapi  wisata pantai dan wisata religi menjadi destinasi wisata favorit di Provinsi Banten seperti Anyer dan Carita Tanjung Lesung, pantai Bagedur pantai Sawarna pantai Cibareno.(Red/t)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel