Cegah Penyakit LSD, Pengawasan Hewan Kurban Ditingkatkan.

        Hewan Kurban ( Ilustrasi)


Cipasera - Menjelang Hari Raya Idul Adha Tahun 2023 pemeriksaan  kesehatan hewan kurban untuk  mengantisipasi penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) dilakukan pemerintah. 

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten Agus M Tauchid mengatakan,  pihaknya akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota  melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke lapak-lapak penjual hewan kurban di Provinsi Banten.

"Kita akan melakukan pengawasan (sidak ke lapak penjual hewan kurban, red), dan itu sudah teragendakan dengan Kabupaten/Kota," ujarnya Rabu 7/6/23

Dalam mengantisipasi penyakit LSD, lanjut Agus, Pemprov Banten tengah melakukan beberapa langkah. Diantaranya melakukan bioscurity, karantina, pengawasan lalu lintas ternak, pemberian vitamin, pengobatan kepada hewan yang sakit dan pemberian vaksin.

"Vaksin datang di hari Rabu, pekan kemarin, sebanyak 10 ribu dosis dan posisi vaksin berada di Balai P2V. Rencana pekan ini akan kita dropping sesuai permintaan Kabupaten/Kota. Paling banyak Kabupaten Tangerang sebanyak 5.000 dosis," tandasnya.

Ditambshkan, mengenai adanya informasi perkembangan penyakit LSD itu, pemprov punya langkah teknis untuk mencegah. Disamping mengumpulkan data-data, dilakuksn pengawasan lalu lintas atau keluar masuknya hewan kurban. Kerjasama  antar daerah,  mengoptimalkan pos cek point lalu lintas hewan.(del)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel