Bendungan Karian Lebak Diperkirakan Akan Terisi Air Full 2025

     Bendungan Karian

Cipasera– Bendungan multifungsi Karian  di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung,  Banten ditinjau Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan, Selasa (7/11/2023)

Iwan Kurniawan terlihat gembira saat melihat bendungan tersebut. Katanya, beberapa tahun lagi semua area bendungan akan terisi air. Selain untuk pertanian,   Waduk Karian dapat memberikan dampak  potensi wisata di Kabupaten Lebak.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lebak, Imam Rismahayadin mengatakan Bendungan Karian  selain sebagai penyedia air baku untuk sejumlah daerah di Banten dan DKI Jakarta, keberadaannya juga didorong menjadi objek wisata baru.

Saat ini, bendungan dengan kapasitas tampungan terbesar ketiga di Indonesia setelah Bendungan Jatiluhur dan Jatigede,  sedang dalam tahap pengisian dan ditarget tahun 2025 penuh.

Imam menambahkan,  meski masih dalam tahap pengisian, saat ini sudah banyak juga masyarakat yang datang berwisata   melihat kondisi   air yang luas mulai merendam area bendungan.

Iwan Kurniawan saat meninjau  didampingi sekertaris daerah ( Sekda) Kabupaten Lebak Budi Santoso serta sejumlah pejabat. Ia mendapat  penjelasan  dari petugas BBWSC3 mengenai bendungan Karian. (red/id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel