Masyarakat Tangsel Antusias Sambut PPDB SMP. Program Sekolah Ke Swasta Dinilai Sukses

Deden Deni dan Wakil Walikota menemui siswa


Cipasera - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMP  Kota Tangerang Selatan  2024/2025 akan dibuka sekitar bulan Juni dan Juli 2024. 

Hal itu bila merujuk pada PPDB tahun lalu, yang pendaftarannya   dibagi mejadi dua tahap, yakni tahap 1 dibuka mulai 16 Juni 2023. Kemudian, pendaftaran tahap 2 jalur prestasi akademik nilai rapor yang dibuka pada 5 Juli 2023. 

Dan bila dilaksanakan seperti setahun lalu, berarti PPDB 2024  SMP Kota tiga bulan lagi. Mungkin karena dianggap  sudah dekat  waktunya,  PPDB SMP di Tangsel sudah ramai jadi perbincangan. Bahkan sejumlah orang tua siswa sudah banyak yang mencari informasi ke beberapa instansi, termasuk ke Yayasan Lembaga Konsumen Paragon (YLKP)Tangerang Selatan. 

"Ada sekira 7 orang tua, datang meminta info soal PPDB. Saya jawab, soal PPDB akan digelar seperti tahun lalu, melalui online. Mekanismenya  daftar disitu dan silahkan diklik berikut syaratnya," kata Ketua YLKP Tangsel Puji Zarkasih, Selasa 19/3/2024. 

Puji juga mengatakan, PPDB di Tangsel 2024/2025 tetap akan disambut antusias masyarakat  lantaran kuota kursi dan lulusan SD tidak sebanding. SMP Negeri di Tangsel jumlahnya 24 sekolah. Kursi tersedia sekira 7000 siswa. Sementara lulusan SD sekira 25.000 siswa. 

"Dengan jumlah itu, SMP Negeri tak bisa menampung semuanya. Sehingga Dindikbud Tangsel punya program bea siswa untuk bersekolah ke swasta, bagi siswa yang tidak diterima di SMP Negeri," kata Puji. 

Puji mengapresiasi kebijakan Dindikbud Tangsel dalam bea siswa  sekolah swasta tersebut. "Ini kebijakan solutif. Bagus sekali. Masyarakat harusnya kesini. Jangan ke SMP Negeri saja," ujar Puji. 

Memang, tampaknya progam tersebut cukup berhasil. Untuk itu jumlah penerima program bea siswa ke sekolah swasta ditambah jumlahnya pada 2023. Tahun 2022 jumlahnya 2500 siswa/siswi, tahun berikutnya naik 100 persen menjadi 5000 siswa/siswi kuotanya.

Menurut Kepala Dindikbud Tangsel Deden Deni, bea siswa ke sekolah  tersebut berupa bantuan SPP yang besarnya Rp 1,8 juta untuk satu siswa pertahun. Ada  187 SMP swasta di Tangsel. Terdapat 69 sekolah swasta pendamping yang mendapat 5 ribu siswa tersebut.

"Sebanyak 5 ribu beasiswa ini syaratnya yang penting daftar ke sekolah swasta pendamping, bisa diajukan dari sekolah yang bersangkutan ke Dinas Pendidikan Tangsel untuk mendapatkan biaya beasiswa pendidikan, Rp1,8 juta per tahunnya," ungkap Deden tahun lalu. 

Soal bea siswa ke SMP swasta untuk tahun 2024 agaknya  tetap diselenggarakan. Untuk itu, bagi siswa dan siswi yang tak lolos PPDB 2024 di SMP Negeri bisa daftar ke SMP swasta pendamping.  Caranya mudah,  yang penting daftar ke sekolah yang diinginkan, ada surat keterangan bahwa dia tidak diterima di sekolah negeri.

Sejumlah Jalur

Namun demikian, bagi yang ingin ikut PPDB ke SMP Negeri 2024/2025, Dindikbud Tangsel menyediakan Website PPDB : https://ppdbsmpn.tangerangselatankota.go.id/ppdbsmpn.tangerangselatankota.go.id .

PPDB  SMP di Kota Tangerang Selatan,  terdiri dari Zonasi, Zonasi (Sekolah Luar Tangsel), Afirmasi, Pindah Tugas, Anak Guru, Prestasi Lomba, Prestasi Nilai Rapor Dalam Zona, Prestasi Nilai Rapor Luar Zona, Disabilitas dan Tahfidz Qur'an.

Untuk Siswa SMP pilihannya: Zonasi, Zonasi (Sekolah Luar Tangsel), Afirmasi, Pindah Tugas, Anak Guru, Prestasi Lomba, Prestasi Nilai Rapor Dalam Zona, Prestasi Nilai Rapor Luar Zona, Disabilitas atau Tahfidz Qur'an.

Di kanal website: Saya harus kemana dulu? Klik menu Petunjuk PPDB. Halaman ini berisi penjelasan dari alur pelaksanaan PPDB sesuai jalur yang dipilih. Berapa banyak daya tampung sekolah? Klik menu Kuota Penerimaan. Halaman ini berisi informasi daftar sekolah yang melaksanakan PPDB online di Kota Tangerang Selatan beserta daya tampungnya (Pagu) sesuai jalur yang dipilih.

Lihat pula  Lokasi Sekolah? Klik menu Lokasi Sekolah. Halaman ini berisi info lokasi pendaftaran PPDB sesuai jalur yang dipilih. Bagaimana Mendaftar sebagai Peserta? Klik menu Daftar PPDB. Untuk mendaftar sebagai peserta, siapkan semua berkas yang dibutuhkan dapat dilihat pada halaman Infografis & Tutorial.

Pengumuman Hasil Seleksi? Klik menu Hasil Seleksi. Di halaman ini pengumuman hasil seleksi PPDB online akan ditampilkan secara real time sesuai jadwal pengumumannya.

Bila kurang jelas, dapat menghubungi langsung panitia pelaksana PPDB di masing-masing Sekolah yang diminati untuk mendapat informasi lebih lanjut terkait dengan pelaksanaan PPDB tahun ini. atau menghubungi Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, Puspem Kota Tangsel Jalan Maruga, Serua, Ciputat. (Ad)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel