Rob Melanda Kawasan Pantai Badegur Lebak

 
      Rob di Badegur


Cipasera - BMKG (Badan Meterologi Krimatologi dan Geofisika)  ) belum lama ini mengeluarkan peringatan  dini  beberapa waktu lalu, akan datangnya banjir rob dalam kurun antara  23 Mei hingga 30 Mei 2024. Banjir rob berpotensi melanda kawasan bagian selatan Jawa, dengan waktu dan ketinggian yang berbeda di setiap wilayah.

Gelombang tinggi atau rob biasanya  terjadi biasanya terkait  munculnya  Pase Bulan Purnama, dimana jarak  bulan purnama mendekat dengan bumi atau disebut full moon sehingga terjadi  gravitasi yang menimbulkan gelombang air laut maksimum.

Dan prediksi BMKG terjadi. Selasa 27/5/24 satunya kawasan pantai Bagedur, Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak dilanda gelombang tinggi yaitu di kawasan Pantai Bagedur, Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak. Namun, menurut seorang warga setempat Mahrud, 

Rob di Bagedur saat ini masih batas kewajaran, tidak mengakibatkan korban jiwa maupun kerusakan warung-warung yang ada di lokasi wisata Badegur.

Walaupun masih batas wajar, Ade Sukartono dari Satpol PP Kecamatan Malingping diperintahkan ikut memantau. Dan ia meminta masyarakat yang beraktivitas di pantai untuk waspada karena gelombang tinggi  masih akan berlangsung hingga 30 Mei 2024. 

"Ada kemungkinan juga pada minggu depan potensi gelombang tinggi masih dapat terjadi di wilayah yang sama,” ucapnya.

Himbauan kewaspadaan juga disampaikan Ade bukan hanya beraktivitas di pamtai, ia  melalui WhatsApp group bidang kebencanaan juga mengirimkan pesan kepada  rekan-rekan forum komunikasi kecamatan dan desa, untuk dapat diinfokan kepada nelayan. (Red/*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel