1500 Warga Badui Akan Seba Ke Bupati Lebak 15 Mei

     Seba Badui


 Cipasera - Upacara Seba Suku Badui akan digelar 15 - 16 . Untuk itu sekira 1.500 warga Badui Dalam dan Badui Luar berkunjung di Kantor Sekretariat Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak Imam Rismahayadin gelaran Seba Baduy di Sekretariat Pemkab Lebak dilakukan suku badui  setelah usai upacara  kawalu selama 3 bulan. 

Pemerintah Kabupaten Lebak kini telah menyiapkan ragam kegiatan untuk memeriahkan upacara perayaan yang akan dihadiri sebanyak 1.500 orang terdiri dari warga Badui Dalam dan Badui Luar.

Persiapan sedang dilakukan  Pemkab Lebak, yakni di Alun-alun Multatuli Rangkasbitung dengan mengangkat tema "The Legacy Of Baduy" atau warisan dari masyarakat Badui.

Para wisatawan domestik dan mancanegara bisa langsung menyaksikan upacara Seba tersebut dengan terbuka.

Tradisi Seba sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah dalam satu tahun juga ungkapan keselamatan dan keamanan.Dalam upacara perayaan tradisi Seba sebagai kunjungan resmi ke Bupati Lebak Pj Iwan Kurniawan dan Forum Organisasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat untuk menyerahkan komoditas hasil panen pertanian ladang di antaranya pisang, talas, petai, gula merah, beras dan lainnya.

Setelah penyerahan hasil pertanian nanti didahului oleh ritual Kawalu, yaitu ungkapan terima kasih kepada Tuhan atas keberhasilan panen.

Tujuan upacara Seba secara khusus antara lain membawa amanat pu'un atau ketua adat, memberikan laporan, menyampaikan harapan, dan menyerahkan hasil bumi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Lebak Budi Santoso mengatakan pelaksanaan Seba Badui digelar rutin dilakukan setiap tahun bagi masyarakat Badui.

Pelaksanaan upacara perayaan Seba dengan berkolaborasi bersama instansi lainnya juga pelaku ekonomi untuk menarik pariwisata di Kabupaten Lebak.( Red/ant)

 

"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel